Senin, 06 Februari 2017

Medan & Samosir dalam 2 Hari 1 Malam. (Honeymoon Trip: 1 )

Jadi ceritanya waktu lalu gue hanimun nih gais. Jalan dari Medan nyusurin sampe Sabang. Nah sekarang gue mau kasih info tempat-tempat yang udah gue kunjungi siapa tau bisa jadi referensi.

1. Roti Ganda
Roti Ganda ini adalah toko Roti di daerah Pematang Siantar. Jika kalian dalam perjalanan menuju Danau Toba, pasti akan melewati tempat ini. Roti yang dijual adalah Roti yang khas karena dibuat tanpa bahan pengawet dan dibuat secara homemade. Roti yang paling laris adalah roti isi selai srikaya, harganya juga bervariasi sesuai dengan ukuran. Ukuran kecil kalau saya tidak salah Rp 10ribu, untuk ukuran besar kira-kira Rp17ribu/18ribu (lupaak!). Nah selainya aja juga bisa dibeli loh, selai sebesar gelas air mineral dijual Rp9ribu saja.

2. Danau Toba - Pulau Samosir
Jangan lewatkan keindahan Danau Toba jika berkunjung ke Medan, sodara! Biar puas, menginaplah semalam di Pulau Samosir supaya bisa keliling-keliling Samosir juga. Untuk menikmati keindahan danau toba, saya menginap semalam di Tabo Cottages, Tuk-Tuk, Samosir. Rate semalam Rp450ribu sudah termasuk breakfast. Fyi, yang punya adalah orang Jerman loh.

Menuju ke Pulau Samosir ada beberapa pelabuhan yang bisa diakses, kalau saya kemarin menuju ke Samosir lewat Pelabuhan Ajibata, pulangnya melalui Pelabuhan Simanindo karena mau melipir ke Berastagi. Di Samosir saya hanya mengunjungi Museum Batak, Makam Raja Sidabutar, Obyek Wisata si Gale-Gale plus belanja oleh-oleh disekitar tempat wisata itu.

Atas: Di Museum Batak dengan Baju Adat khas Batak
Bawah: Di Makam Raja Sidabutar

3. Bukit Gundaling, Berastagi
Bukit ini berada di Berastagi, daerah kawasan dingin di Medan. Di Bukit ini kalian bisa melihat Gunung Sinabung sambil jalan-jalan keliling-keliling naik kuda. Saat disitu jangan lupa mampir ke RM Muslim Gundaling juga, kenapa? Karena saya makan disitu juga. Biar sama gitu.. Hhehe

Bukit Gundaling dengan latar belakang gunung sinabung yang tertutup kabut

4. Durian Pelawi
Pecinta Durian pasti lebih mendengar dengan nama Durian Ucok di Medan. Nah ini bisa jadi alternatif kalo-kalo di Durian Ucok ramai pengunjung. Untuk harga yah lebih terjangkau disini sih, mungkin karena di Ucok itu lebih terkenal ya. Tapi durian yang disajikan gak kalah nikmat juga. Di Durian Pelawi ini juga menerima pengiriman keluar Medan loh. Jadi bisa dinikmati oleh kalian-kalian yang belum sempat mengunjungi Medan.

5. Masjid Raya Al-Mahsun & Istana Maimun
Saya sempat mendatangi dua tempat ini, namun karena sudah malam, saya hanya sebentar mengunjunginya. Ya, biar dikata udah pernah dan udah tau aja sih. Jadi kalau kesana lagi, udah tau oh kayak gini toh.. oh, disini toh. Karena foto-fotonya diwaktu malam hari jadi keliatan kurang menarik, apalagi ditambah keliatan mukaku yang udah kucel. Jadi ya hanya beginilah hasilnya...

Masjid Raya Al-Mahsun

6. Pool Bis Sempati Star
Lah... kok Pool bis dimasukin ke tempat-tempat wisata?

Iya dong, karena ini adalah next step menuju gerbang wisata selanjutnya. (HAZEK) Kemarin dari Medan, saya melanjutkan perjalanan dengan Bis Malam menuju ke Aceh. Nah, supaya ada ceritanya, jadi saya cobain deh naik Bis Sempati Star yang udah terkenal ini. Perjalanan yang ditempuh dari Medan ke Aceh adalah 12 Jam. Saya naik bis Medan - Banda Aceh Scania Nonstop seharga Rp250rb/orang. Jadi bis ini gak akan berhenti untuk makan dan sebagainya. Kalau mau pipis, ada toilet di bagian belakang bis. Rasakan sensasinya pipis disaat Bis berjalan belok sana, belok sini. hihihi. Fasilitas yang didapat, kursinya bisa dijadikan tempat tidur, selimut tebal, serta bantal. Di Bis ini tidak diberikan snack ataupun makanan, jadi kalau bisa makan dulu atau bawa bekal sendiri ya.

Yaitulah, tempat-tempat yang saya habiskan selama 2 hari 1 malam di Medan. Jalan-jalan singkat di Medan memang tidaklah asik sih, karena masih banyak tempat yang bisa dikunjungi. Mudah-mudahan suatu waktu dikasih lagi jalan-jalan ke Medan.