Kamis, 18 Agustus 2016

Wedding Preparation: (1) Book Gedung dan Cari Vendor Catering

Haii Capeeeng!
Akhirnya sebutan capeng sekarang resmi juga ada digue. Ya, gue sedang mempersiapkan pernikahan. (akhirnya nikah juga ye mpok). Alhamdulillah... tahun ke-5 gue pacaran nanti, gue sama si mas nya udah halal alias jadi pasutri-pasangan suami istri-. hihi

Dari awal kita pacaran, sebenernya belum terpikirkan sih perjalanan kita berdua kearah sini. Kita berdua cuma menghabiskan masa pacaran dengan traveling kesana kemari, kerja cari duit, trus traveling lagi abisin duit, ituuuuu-itu aja. Tapi setelah kita berdua resmi jadi sarjana (gue wisuda 2013), tawaran dari si mas pun datang (plus pertanyaan "kapan nikah" dari orang-orang yang perhatian dengan kita)

"de, kita kapan nikahnya?"

"entar lah nunggu aku kerja dulu 2 tahun, baru nikah."

Sebenernya itu ngasal aja gue bilang, tapi ternyata benar dilaksanakan. Akhir tahun 2015 kemarin, kita sepakat untuk melaksanakan pernikahan di akhir tahun 2016. Persiapan pernikahan setahun menurut kami sudah sangat cukup lah, (lha wong ada yang persiapan cuma 3 bulan, trus lancar pula). Ya setelah bicara ke orang tua masing-masing dan setuju, mulailah kerjaan pertama kami dalam menyiapkan pernikahan, yaitu book gedung dan cari vendor catering.


First, book gedung. Karena di kantor mas nya ada aula yang sering dipakai untuk nikahan, jadilah kita pakai disitu saja biar tidak ribet. Kebetulan venue-nya lumayan untuk dipakai acara pernikahan, karena up to 1000 guests. Kelebihan tempat ini pun, parkirnya luas, jadi para tamu tidak usah bingung-bingung cari tempat parkir deh. Awal tahun 2016 kita kesana, book gedung dan bayar DP tanda jadi. Oke, masalah book gedung selesai.

Ilustrasi Gedung Pernikahan
keongemasgardenparty.com

Kedua, cari vendor catering.
Nah disini ini yang buat gue bingung pada saat itu. Jujur gue sangat buta dengan masalah ginian. Gue anak pertama dan belum ada pengalaman sama sekali dalam urus-mengurus persiapan pernikahan. Kalau orang-orang cari vendor catering di pameran-pameran pernikahan, gue cari vendor catering dengan googling. Kenapa? Karena gue bisa langsung cari juga testimonial dari orang-orang yang sudah pakai jasa vendor tersebut. Awal tahun 2016 gue searching dan akhirnya jatuh lah 2 nominasi catering saat itu. Pertama, Amira Catering, Kedua, Avi Catering. Setelah dipertimbangkan dengan matang, pilihan kita jatuh ke Avi Catering. Avi ini masih masuk dalam budget kita, dan testimonialnya bagus-bagus. Langsung lah gue email untuk minta dibuatkan order acara gue. Alhamdulillahnya, gue masih dikasih harga 2015. Karena dia naik harganya baru di awal bulan Maret. Akhirnya langsung gue DP saat itu juga, untuk tanda jadi dan untuk mengikat harga. Hihi. 

Di Avi ini gue dilayani oleh mba Ayu. Enak konsul sama dia, dia ngeti banget keinginan gue which is yang sama-sama masih muda. Kalau kalian mau lihat-lihat, bisa kunjungi websitenya aja. (eh tapi harga diwebsite belum diperbarui loh ya). Disitu juga ada kontak personnya kalau mau nanya-nanya langsung. Mau datang kekantornya juga boleh, konsultasi awalnya gratis loh. Oh iya, sebelum gue akhirnya setuju pakai catering ini, gue menyempatkan untuk testfood. Pilihan gue tetap jatuh cinta dengan Avi ini. Makanannya enak, bumbunya pas, overall good banget. Nyokap-pun sreg banget sama catering ini.

Website Avi Catering
Oke, jadi itulah persiapan awal yang sudah aku lakukan. Ada tips yang bisa gue sampaikan di persiapan pertama ini. Here the tips:

1. Kalau kalian mau pakai gedung pernikahan sesuai dengan yang kalian inginkan atau mencari yang sesuai budget, book dari jauh-jauh hari. Maksimal setahun sebelum hari H. Takutnya kalo gedung itu laris(maksudnya sering dipakai buat nikahan), kalian gak bakal mungkin kebagian.

2. Sebelum memutuskan ingin memakai catering apa, selalu upayakan TEST FOOD. Karena inilah yang terpenting dari acara kalian. Gak mau kan diomongin tamu karena makanan gak enak. Jika sudah memilih catering kalian, lakukanlah tesfood lagi. Untuk mengetahui kesamaan rasa tiap masakan. (suka ditakutkan, kadang masakannya enak, kadang enggak)

3. Cari catering yang rekanan dengan gedung pernikahan kalian. Biasanya jika si vendor catering bukan rekanan si gedung, akan kena tambahan charge.

Itu yang bisa gue kasih, itupun muncul menurut pengalaman gue aja selama menyiapkan persiapan. Semoga saja bisa menjadi tips yang baik buat kalian. Hihi

Semangat ya para capeng, mudah-mudahan persiapan kita semua lancar sentausa. Amin....


Website Avi Catering: www.avicatering.com

Next Post: Wedding Preparation: (2) Bikin Undangan

2 komentar:

  1. wah,,,semoga lanjot hongga review perfomance tiap vendor nih postingannya.

    BalasHapus