Jumat, 08 Januari 2016

Camping Loji, Bogor. ( Kampung Loji, Taman Nasional Gunung Halimun Salak )

Camping yuk di Loji!
Hah? Loji dimana tuh?

Loji adalah nama tempat yang baru pertama saya dengar saat teman saya mengajak saya untuk camping disana. Ternyata Loji adalah suatu tempat dimana berada di lingkungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang merupakan Tempat Suaka Elang. Lokasinya tidak jauh dari Bogor, bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 - 45 menit.


Sekitar pukul 11, kita semua sudah sampai di Stasiun Bogor sebagai titik pertemuan awal. Dikarenakan kami berlima, kami menyewa angkot untuk bisa mengantar kami menuju ke Suaka Elang tersebut. Tawar-menawarpun terjadi, dari mulai Afgan sampai yasudah lah akhirnya jatuh diangka 200 ribu untuk mengantar kami berlima menuju Kampung Loji.

45 menit kemudian plus beberapa menit dihabiskan membeli logistik. Sampailah kita di pintu masuk menuju Suaka Elang. Pemandangannya hijauuuuu, tapi panas lumayan karena matahari saat itu lagi obral diskon cuy!

Menuju Kantor Suaka Elang
Setelah sampai dikantornya, kita daftar dulu perizinan untuk camping disana. Kalau tidak salah biayanya per orang 20ribu untuk satu malam. Dari situ perjalanan mulai asik, cuacanya mulai sejuk, pohon-pohon pinus menyambut kedatangan kita. Ah.. Segarnya.
Setelah lokasi untuk bangun tenda ditemukan, segeralah kita membangun tenda sebelum kita mandi-mandi cantik.

"Sini main sama anak komplek"
Setelah berdiri tenda kita, ganti baju lah kita memakai kostum untuk mandi dikali ( macem bidadari ). Di lokasi ini ada dua spot yang bisa kita datangi untuk main-main air lucu gitu. Satu, persis dibawah jembatan. Yang satu agak berjalan dari jembatan sekitar 5 meter. Dua-duanya sama bagus kok tapi, dan yang paling utama, airnya jernih pisan.

Spot nyemplung pertama
Lihat lah, bener kan awak bilang. Jernih sob! Ceburable abis, gak dalem lagi cuman sedada aja. Jadi yang gak bisa berenang gak perlu khawatir untuk berenang-berenang disini. Asal jangan pipis aja.

Puas ditempat pertama, kita pindah ke spot kedua yang berada di bawah jembatan. Tidak jauh dari spot pertama, tempatnyapun ceburable jilid dua. Cuman ya hati-hati aja kalo jalan yaa, batunya agak sedikit licin. Kedalamannya pun sama dengan spot yang pertama.

Ngambang kayak ........
Oiya, disini ada toiletnya loh. Jadi yang ga biasa pipis di balik semak-semak, bisa pipis disini. Jangan lewatkan juga foto-foto cantik dengan ratusan pinus yang ada disana ya. Gak nyesel deh, bisa foto gaya apa aja yang kalian mau.

Gaya dengan Background Pinus

Pake Hammock? bisa banget!
Bisa buat referensi kalian nih yang bosen sama Ibukota. Melarikan diri sejenak 1 malam saja bisa refresh otak lagi kok. Apalagi Budjet yang dikeluarkan tidak terlalu besar (Terutama kalau kamu rombongan ).

Oiya selain kali-kali tempat berenang cantik, sebenernya dari situ ada curug yang bisa ditempuh dengan 30 menit berjalan kaki. Tapi karena kemarin habis ada pohon ambruk yang menutupi jalan menuju kesana, kita batalkan niat kita untuk mengunjungi curug tersebut.

Untuk yang mau kesana, bisa kunjungi aja nih website nya untuk mencari tahu dimana sih letak sebenarnya Suaka Elang ini.

Website Suaka Elang


Yuk kamping di Loji!

14 komentar:

  1. Waah aku mau tau dong kalau untuk peralatan campingnya itu mesti bawa sendiri ya?

    BalasHapus
  2. Iyaa, harus bawa sendiri ya. Karena disana tidak ada penyewaan alat camping. :)

    BalasHapus
  3. Mbak kalo untuk transportasi pulangnya bagaimana ya? Apakah menyewa angkutan juga?

    BalasHapus
  4. Mbak kalo untuk transportasi pulangnya bagaimana ya? Apakah menyewa angkutan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk transportasi pulangnya, kamu bisa minta bapak angkot sewa yang mengantar kamu berangkat itu menjemput saat ingin pulang. Tukeran nomor kontak saja, janjian ingin dijemputnya jam berapa. Di Loji sinyal bar masih penuh kok, jadi tetap bisa komunikasian. :)

      Hapus
  5. provider apa ya yg sinyalnya masih penuh di sana? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini kayaknya banyak provider yang bisa dijangkau disana. Kalau pengalaman saya dan teman-teman, Simpati, XL, Indosat sangat bagus sekali sinyalnya. Kalau tidak salah teman saya yang menggunakan 3 (tri) agak sedikit susah.. cmiiw

      Hapus
  6. Biaya masuk ke Loji berapa ya dan regist untuk camp nya berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya kesana kalau untuk hanya masuk saja (tidak menginap): 10ribu. Tapi kalau untuk bermalam atau camping, dikenakan 20ribu/orang.

      Hapus
  7. Mantap nih, spot baru. Kalo cm sendirian aja ada info alternatif transportasi ga mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuman sendirian sulit juga ya. Mungkin saya bisa menyarankan bawa kendaraan sendiri atau ngojek aja. hehhe

      Hapus
  8. Kl utk sendirian aja ada info transportasi ga mbak? Dr st bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sendirian saya cuman bisa menyarankan bawa kendaraan sendiri atau ngojek aja. Cuma saya tidak tahu biayanya berapa yaa.. hehe

      Hapus
  9. Kl utk sendirian aja ada info transportasi ga mbak? Dr st bogor

    BalasHapus