Kamis, 04 Agustus 2016

Museum Gunung Api Merapi - Kaliurang, Jogjakarta

Gunung Merapi memang terkenal sekali di Yogyakarta. Gunung api yang paling aktif di Indonesia ini mempunyai daya tarik yang tinggi walaupun sudah terjadi letusan yang luar biasa hebatnya.
Museum Gunung Api Merapi ini letaknya masih di Kaliurang. Petunjuk arahnya jelas atau kalau kalian merasa tidak terbantu oleh petunjuk arahnya, bisa dengan bantuan Google Maps kok. Parkirannya sangat luas, udaranya enak dingin-dingin empuk gitu. Bangunan museum ini unik sekali, karena gabungan dari beberapa tempat populer yang ada di Yogyakarta - Candi, Tugu Jogja, Gunung Merapi, dan Keraton. 

Loket masuk ada disebelah kiri sesaat setelah kalian menaiki tangga. Tiket masuknya satu orang hanya Rp 10.000 (cmiiw). Setelah kalian masuk, kalian akan disambut oleh miniatur Gunung Merapi. Jika kalian ingin mengetahui seperti apa yang terjadi saat erupsi Merapi. Di depan miniatur tersebut ada beberapa tombol yang akan memberikan kalian Narasi mengenai Merapi, serta contoh gemuruh merapi 1969, 1994, 2006 dan 2010.
Miniatur Gunung Merapi

Dimuseum ini ada zona mengenai gunung berapi diseluruh dunia. Jadi kalian tahu dimana saja lagi sih terdapat gunung berapi di dunia ini. Lalu ada juga foto-foto saat terjadi letusan di gunung-gunung tersebut loh. Selain dunia, disajikan juga berbagai informasi mengenai gunung berapi di Indonesia selain gunung Merapi.

Gunung Aktif Indonesia
Disini juga ada mini theater yang menampilkan film mengenai semua tentang Gunung Merapi. Kalian akan dapat ilmu yg sangat banyak dari film tersebut. Seperti kutipan, "Hidup harus seimbang antara Manusia dan Alam. Belajarlah dari Merapi."
Kereeen booook!!
Di museum ini pun ada alat peraga terbentuknya Tsunami dan merasakan bagaimana saat gempa terjadi. Bisa dicobain kok sama kalian, gratis tis tis.

Alat Peraga terjadinya Tsunami

Buat kalian yang mau ke Jogja, tapi bingung kemana lagi. Museum ini bisa dijadikan alternatif loh. Selain tempat ini masih banyak lagi tempat yang bisa kalian kunjungi di Kaliurang atas ini.

Oiya museum ini juga tempat yang cocok untuk foto-foto loh gais! Lihat nih...


Peta Museum Gunung Merapi:




Posting jalan-jalan Jogja lainnya klik : Jalan-jalan Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar