Sabtu, 25 Juni 2016

Candi Ijo & Tebing Breksi ( Jogja Lagi, 29 Mei 2016 )

Jogja lagi, Jogja lagi. Ya gimana, Jogja itu kota yang paling dirindukan semua orang sih ya. Sekali, dua kali, tiga kali, sampai berjuta kali pun pasti akan ingin kembali lagi. (tsaelah lebay amat)

Setelah diberi informasi oleh rekan sekantor saya mengenai tempat bernama Tebing Breksi, munculah benih-benih asmara  rasa penasaran saya. Kayak apa sih tempat itu? Ngehits banget emang ya? Oke, mari kita cari tau.

"Ok, Google. Tebing breksi di Jogja"

"Tringg... menghasilkan pencarian Tebing Breksi di Jogja"

Hooo jadi ini toh Tebing Breksi.

Tebing Breksi 

Tebing Breksi ini merupakah salah satu tempat wisata di dekat Prambanan. Awalnya tempat ini adalah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil. Namun sekarang, Tebing Breksi ini sudah diresmikan sebagai Kawasan Cagar Budaya oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada Mei 2015. Kenapa dijadikan Kawasan Cagar Budaya? Karena sejumlah peneliti telah melakukan kajian bahwa batuan kapur Breksi disana merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Masuk kesini kalian dikenakan sumbangan seikhlasnya termasuk biaya parkir. Disarankan kalau kalian mau datang kesini, jangan siang-siang! PANAS! Tapi asiknya kalo siang-siang kesini, dapat pemandangan yang luar biasaaa!


Duo Wayang

Setelah dari Tebing Breksi, tidak jauh dari situ terdapat Candi Ijo. Hanya 10 Menit dari lokasi Tebing Breksi. Area parkir ada di samping kompleks Candi dengan pemandangan yang bagusnya gak kalah dari Candi lainnya.

Candi Ijo
Candi Ijo ini adalah kompleks percandian bercorak Hindu yang diperkirakan dibangun pada kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi. Candi ini berada di lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Posisinya berada di ketinggian rata-rata 425 mdpl. Candi ini dinamakan "Ijo" karena berada di bukit yang disebut Gumuk Ijo.

Masuk kesini tidak dikenakan biaya sedikitpun, kalian hanya menuliskan daftar hadir tamu saja. Sudah gratis, dapat ilmu pengetahuan tambahan lagi. Luar biasa!

Pemandangan dari Candi Ijo
Nambah lagi lah tempat-tempat keren nan indah yang bisa dikunjungi di Jogja. Masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa kita kunjungi loh. Jadi?



Jadi....... ya harus ke Jogja lagi lahh....

Post lain mengenai  jalan-jalan Jogjakarta - KLIK!


Map:
Candi Ijo



Tebing Breksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar