Rabu, 05 Maret 2014

City Tour Yogyakarta and Solo (Part 2): Hi, Solo !

Hiiii guys!
Ditulisan sebelumnya kita telah mengelilingi Kota Jogja, sekarang kita akan bergegas ke Solo untuk melanjutkan city tour kita. tcussss let's find out!

Dari Jogja kita sudah beritahu bahwa kita ke Solo menggunakan Kereta Api macem commuter ke Solo. Perjalanan ditempuh kurang lebih 2 jam atau 1,5 jam gitu deh sampai akhirnya kita sampai di Solo Balapan.
(*backsound* Neng setasiun balapaannnnn)
Stasiun Solo Balapan

Dari situ kita jalan kaki kurang lebih 5 menit ke tempat penginapan rekomendasi nyokap gue yang letaknya samping stasiun abis.
Penginapannya murah, bagus, bersih, dan ber Ac pula. Cucok lah!
Setelah kita masuk kamar masing-masing, gue memutuskan untuk mandi dulu. Karena gerah men!
Apalagi setelah jalan kaki dari malioboro ke stasiun Tugu pake backpack supergede. Hahaha
Setelah mandi, setelah wangi, kita keluar cari makan karena perut sudah kerucukan. Karena kita disini gak dapet sewaan motor juga, akhirnya kita kemana-mana naik becak.
Becak pertama kita di Solo itu bapaknya kece baik badai. Kita mau keliling alun-alun, dikasih harga yang miring semiring-miringnya miring. Sebelumnya kita direkomendasiin dulu sama kuliner khas Solo yang paling wuenak.
Nasi Liwet Ibu Wongso Lemu

Ooooh Nasi liwet tuh kayak gini....
That was the first time I ate Nasi Liwet! Ditambah gue makannya di Solo. Coba kurang indah apa lagi hidup gue. Alhamdulillah...
Soal harga di tempat ini lumayan agak mahal dikit, tapi menurut gue sih sebanding dengan rasa enaknya walaupun porsinya tidak banyak.
Setelah itu kita bergegas lagi jalan menuju Alun-Alun.
Perasaan waktu itu malem minggu, tapi alun-alun ramenya biasa aja. Banyak yang jual bakso bakar, bakso bakar, bakso bakar, dan bakso bakar.
Setelah jalan-jalan muter-muter disitu. Kita minta bapak becaknya anter kita ke Taman Sriwedari.
Ternyata kalo setiap malem minggu itu, THR Sriwedari atau Taman Hiburan Remaja Sriwedari. Model taman hiburan ini mirip BNS di Malang, tapi versi mini. Karena wahananya tidak terlalu banyak.
Disini itu tiap hari-hari tertentu ada pertunjukan musik kayak tribute to koes plus dan dangdut!
Pas gue kesana, pas banget lagi harinya dangdut!
Dangdutan banget nih kitaa! Hahahaha!! Yang dateng juga macem-macem sob, dari tua, setengah tua, muda, sampai anak kecil.
It's like pesta rakyat abis dan gue sangat menikmatinya. :)
Hari sudah larut, kita balik kepenginapan untuk mempersiapkan diri pagi-pagi buta akan menikmati kuliner legendaris.
ZZZzzzzzZZ

2 Februari 2014
3.00 am
Alarm gue udah bunyi lumayan kenceng, kuping sebenernya udah keberisikan banget tapi badan masih mager dibangunin.
Dengan kefaithfulan kita, kita memaksakan diri untuk segera bangun dan bersiap karena tempat yang akan datangi itu sangat diburu waktu, jam 5 saja sudah habis semua makanannya.
Keluar penginapan, lumayan dingin jugaa yaa. Ternyata semalem habis hujan, pantes tidur gue enak banget.
Dengan nebeng becak lagi, kita menelusuri jalan pagi buta yang lumayan dingin itu menuju ke tempat paling apik.
Gudeg Cakar Bu Kasno ( Cakar ayam loh ya, bukan cakarnya bu kasno)
Tepat didepan tempat makan sederhana itu, banyak mobil-mobil yang terparkir pertanda bahwa makanan ini memang tersohor didaerahnya.
Setengah 4 kita sampai sana, benar saja, cekernya sudah ludes des des. Akhirnya kita cuman mencicipi gudeg dengan kulit ayam saja. Tak apalah, dari pada penasaran melanda. Soal rasa memang dijagokan sekali gudeg ini.

Setelah kenyang-kenyang nanggung gitu, kita balik lagi kepenginapan untuk melanjutkan bobo yang tertunda. Let's sleep!

2 Februari 2014
9.00am

jam 9 kita udah cakep lagi untuk mulai berkeliling alias city tour kota Surakarta ini. Yuk!
Kita cari abang-abang becak yang bersahabat lagi, yang mau diajak berkeliling dari pagi sampai sore nanti mengantarkan kita ke Stasiun.
Perjalanan berawal kita berkunjung ke Keraton Mangkunegara.
Tiket masuknya 10ribu aja perorang, dan selama didalem kita harus ditemani guide(mungkin biar gak sembarangan kali ya). Ongkos ngasih guidenya terserah kita, seikhlasnya kita.
Saat itu kita digabungkan oleh anak-anak remaja cowok-cowok yang lagi mau keliling keraton itu juga. (hahaha sama terong-terongan cyiinn)
Guidenya lupaa bapak siapa, tapi bapak itu berasa dirinya pembawa acara kuis deh. Dia selalu mengajukan pertanyaan seputar keraton yang kita gak tahu jawabannya. Hihihi (ampunn pak!)
Trus bapaknya juga baik, mau fotoin aku terus. hihihi
loveyou somuch pak!
Keraton Mangkunegara
Setelah keliling-keliling, kita lanjut lagi ke Keraton Surakarta. Yooook gowess pakk becaknyaa...
Keraton yang satu ini terasa lebih terasa misterinya guys.
Entah kenapa, mungkin disini peraturannya lebih banyak dan lebih ketat dari keraton sebelumnya yah.
Yang pake sendal jepit harus melepas sendalnya selama di area keraton (untung gue pake sepatu crocs andalan tiap ngetrip)
dan juga banyak area-area yang tidak boleh sembarangan dilewati oleh kita.
Cieee yang pacaran dibelakang (salah fokus)
Oiya gak ketinggalan gue sama masmus juga foto sama prajuritnya lohhh!
Pas bapaknya ngeluarin pedang itu agak shock dikit.
Okay, waktu sudah diburu sekali sebelum waktu kepulangan saya ke ibukota tercinta datang.
Kita sempatkan dulu beli oleh-oleh di kampung batik, Kauman, lalu ke Erajaya untuk beli makanan snack-snack khas Solo. Setelah muter-muter beli oleh-oleh. Kita diberi referensi sama bapak becak baik hati ke Serabi Notosuman.
Serabi Notosuman
 Serabinya itu sumpah enaknyaaaaaaaaaaaa parah! Sayangnya gue cuman beli satu box, dan yang enak itu serabi yang putihnya. Yang coklat gue gfak terlalu suka. Coba deh sekali-kali beli ini.

After that, kita akan nyobain kuliner khas disana sebelum kembali pulang, yaituuu... Nasi Gudeg Ibu Mariiiii..
Bu Mariiii yukkk cyin...
 Kalo dibanding sama yang gudegnya bu kasno, rasanya sebelas duabelas lah. Tapi kalo yang ini buka nya 24 jam. Jadi kapan aja kita mau kesana, pasti buka. hehehe

Okey, akhirnya city tour Jogja dan Solo saya harus berakhir saat ini. Saya harus kembali pulang ke Jakarta dari stasiun Solo Jebres.
Saya sangat berterimakasih untuk semua bapak-bapak becak yang telah menemani saya berkeliling Solo.

See ya on the next trip guys!