Jumat, 02 Oktober 2015

Taman Sari - Museum Ullen Sentalu - Museum Gunung Api Merapi - Punthuk Setumbu. ( Tour de Jogja - Magelang, 4 - 5 September 2015 )

Haiii!

Akhirnya punya bahan lagi untuk dipost ke blog ini.. yeeaaay ( Tepok tangan bareng-bareng )

Beberapa waktu lalu. gue mengunjungi Jogja ( lagi ( lagi ( lagi ) ) )

Okey, diawali dengan pencarian tiket kereta mure beberapa minggu sebelumnya. Setelah mencari-cari, akhirnya kita berangkat menggunakan Kereta Bogowonto pukul 21:30 dari St. Pasar Senen, dan kembali menggunakan Progo Pukul 15:30 dari St. Lempuyangan dengan mengeluarkan kocek 300rb saja..

Jam 21:30, kereta sudah bergerak dari St. Ps. Senen, yaa seperti biasanya kegiatan dalam kereta perjalanan panjang adalah tidur, mainan hp, ganti posisi duduk, dan begitu saja terus-terusan. 8 Jam sudah kita lewati dan akhirnya sampai di Stasiun Tujuan, St. Tugu Yogyakarta. Sebelumnya kita sudah merencanakan untuk early check in, agar bisa mandi-mandi dan menaruh barang-barang di penginapan. Alhamdulillah, akhirnya bisa. Bertolaklah kita segera ke Hotel Adhistana di bilangan Prawirotaman .

Setelah urusan check in selesai, dan urusan bersih-bersih diri selesai. Kita chus berangkat lagi menggunakan motor rental di Pamitran Rental Motor ( 0858 7868 6610, Motor Matic 70rb/hari overtime 10%/Jam ) ke....Sarapan di Alun-alun kidul. Kita memilih untuk ke Nasi Brongkos Handayani. Makanan disini enak lohh, murah-murah juga. Pak Bondan si Maknyus juga sudah mampir kesini, berarti kualitas rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Setelah makan, kita jalan menuju destinasi pertama...

Taman Sari Water Castle

Tiket masuk kesini plus izin kamera, cuma dikenakan 25rb saja untuk 2 orang. Setelah muter-muter Taman Sari kita berjalan menuju kawasan Kampoeng Cyber. Man! Bener-bener full color banget kampungnya, mural dimana-mana. TOP abis.

Berjalan kurang lebih 10 Menit, kita sampai di Masjid Bawah Tanah. Sumpah tempat ini tuh keren banget kalo sepi. ( Kalo rame jadinya ga bisa foto-foto dengan tenang )
Gua udah dari kapan tau BM banget foto disini, dan akhirnya kesampean jugaa..

Masjid Bawah Tanah

Selesai dari situ. Cuss lagi menuju, Museum Ullen Sentalu. Yuk!

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu ini adalah the best museum that I've ever know now. Ya, karena museum ini dikelola swasta mungkin yaa, jadi koleksinya pun dijaga dengan baik sekali. Di Museum ini hanya dibeberapa tempat saja diperbolehkan berfoto ( seperti foto diatas itu, salah satu tempat boleh berfoto). Tour Guide nya juga menjelaskan sangat baik, wah plus plus plus banget deh berkunjung kesini.

Lanjut, kita ke Museum Gunung Api Merapi.
Letak museum ini gak terlalu jauh dari Museum Ullen Sentalu, sekitar kurang lebih 10 Menit. Saat baru masuk pintu museum, kalian akan disambut oleh miniatur Gunung Merapi dengan contoh suasana letusannya di tahun-tahun lalu. Oiya bentuk museum ini sangat unik loh, gabungan beberapa tempat wisata yang ada di Jogja. Trus ada pemutaran film juga mengenai Gunung Merapi. Penasaran? Makanya ke Jogja trus dateng kesini deh. Oiya HTM museum-museum tadi gak terlalu mahal kok, setara dengan pengetahuan yang masuk kedalam otak kita. (Ciaelah!!)

Miniatur Gunung Merapi
Okey permuseuman selesai, kita harus segera bertolak kembali ke kota untuk menemui kerabat untuk bermalam mingguan. Oiya, sebelumnya kita mampir Jejamuran dulu. Tempat terkenal yang isinya jamuuuuuur semua. Kalo kesini, kalian harus beli Jamur Crispy nya loh! Endes! Dikemas dalam toples-toples gtu.

Minggu pagi buta, kita sudah jalan ke daerah Magelang bermodalkan google maps, bareng orang-orang mau jualan di Pasar. Rencananya kita akan mengunjungi Punthuk Setumbu, spot paling diburu Sunrise Hunter dengan pemandangan Borobudur yang terlihat dari kejauhan. Saat tiba disana, ternyata sudah sangat ramai sekali. Suasananya persis sama saat di Bukit Kingkong menunggu matahari terbit. Banyak wisatawan asing juga bergabung dengan kami saat itu, menunggu sang mentari menampakan diri.

Punthuk Setumbu hasil jepretan MasTops
Saat matahari sudah mulai menampakkan diri, kita segera kembali ke Yogyakarta. Masih banyak hal yang harus kita lakukan sebelum waktu pulang kita nanti datang. Sampai di Yogya, kita ke tempat wajib datangi, Lumpia Samijaya di Malioboro. Waktu itu saya pernah cerita mengenai keistimewaan Lumpia ini di Post beberapa waktu lalu. Klik ini saja ya kalau mau tau. Lalu lanjut ke Mirota untuk membeli beberapa buah tangan lalu kita mampir minum Kopi Joss di dekat Stasiun Tugu. Joss banget deh siang-siang minum Kopi Joss!

Sampai akhirnya tiba di Stasiun Lempuyangan, karena kereta kita akan berangkat pada pukul 15:30. Sedih sih, ninggalin Yogya lagi. Tapi gue pasti akan kesini nanti, masih banyak hal yang belum gue lakukan di Yogya. Karena kota ini Istimewa banget!

Sampai ketemu lagi, Yogya!